Kambing Etawa Dan Kambing Peranakan Etawa

Sekilas Tentang Kambing Etawa

Keingintahuan terhadap kambing etawa menjadikan kami berusaha mencari referensi dan pustaka, namun keterbatasan kami hanya mampu mencari di internet. Berikut beberapa pustaka yang kami dapat terkait kambing etawa yang berasal dari India yaitu kambing Jamnapari/Jamunapari.

Jamnapari (atau Jamunapari) adalah jenis kambing yang berasal dari anak benua India. Sejak tahun 1953 mereka telah diekspor ke Indonesia (populer sebagai kambing Etawa, dan campurannya dengan kambing lokal yang disebut “PE”, peranakan Etawa atau campuran Etawa). Kambing Jamunapari ini dibiakkan untuk susu dan daging. Nama itu berasal dari sungai Yamuna, Jamuna (Bengal Barat) dan Jamuna (Bangladesh) dari India dan Bangladesh.

Sumber : wikipedia  

Pustaka lainnya menyebutkan sebagai berikut :

Kambing Jamnapari, juga dikenal sebagai Kambing Jamunapari atau hanya disebut Kambing Pari, adalah kambing susu yang paling terkenal di seluruh anak benua India. Ini adalah jenis kambing tertinggi dan mendapat respek baik oleh komunitas petani India. Kambing berasal dari wilayah Etawah di daerah Chakarnagar di Uttar Pradesh.

Sumber : thegoatguide.com

susu-delingo-kambing-peranakan-etawa

Sekilas Tentang Kambing Peranakan Etawa ( PE)

Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia, memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat serta memiliki daya reproduksi yang sangat tinggi. Kambing kacang jantan dan betina keduanya merupakan tipe kambing pedaging. Sedangkan kambing Etawah atau dikenal juga dengan nama Kambing Jamnapari, merupakan jenis kambing unggul yang memiliki dua tipe fungsi yaitu sebagai kambing penghasil susu maupun kambing untuk penghasil daging.

Kambing PE merupakan kambing hasil persilangan antara  kambing Kacang dan kambing Etawah, sehingga memiliki sifat diantara kedua tetua kambing tersebut.

Kambing PE dapat beradaptasi dengan kondisi iklim Indonesia, mudah dipelihara dan merupakan ternak jenis unggul penghasil daging juga susu. Produksi daging kambing PE lebih tinggi dibandingkan dengan kambing kacang. Bobot badan Kambing PE jantan dewasa antara 65 – 90 kg dan yang betina antara 45 – 70 kg. Produksi susu bisa mencapai 1 – 3 liter/hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.